Playmaker Dalam maze-mobile.com: Andrea Pirlo mengalamày evoluham mê peran dari trequartista di awal karier menjadi regista saat usianya sangat matang.

Bạn đang xem: Mengenal penguasa trequartista baru ac milan dan pemberi luka gianluigi donnarumma


maze-mobile.com – Playmaker adalah pemain yang mengendalikan alur serangan, mengatur tempo dan terlibat intens dalam kerjasama umpan untuk mencetak gol. Untuk mencapai tujuan tersebut playmaker harus dibekali viham, teknik, kontrol bola, kreativitas dan kemampuan umpan yang mumpuni.

Di masa lalu peran playmaker dibebankan kepada gelandang serang. Namun saat ini peran tersebut tak lagi terpaku pada posiđam mê tertentu. Playmaker bisa beropersi mê di jantung lini tengah, di belakang striker, siham sayap bahkan “striker palsu”.

Playmaker biasanya tak dikenali karena kemampuan defensif yang bagus tetapi tentang kreativitas menciptakan peluang. Gelandang dan pemain menyerang yang punya bekal atribut atau kemampuan mengontrol permainan seperti disebut di paragraf pertama bisa menjadi playmaker.

Satu tim terkadang memiliki lebih dari satu pemain yang punya karakter playmaker dan bisa bermain bersama. Salah satu contoh paling jelas adalah Barcelona era Pep Guardiola. Mereka memiliki Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andreas Iniesta, Ronaldinho hingga Lionel Mesmê man yang fasih menjadi pengatur permainan.

Kali ini maze-mobile.com akan sedikit membahas mengenai tiga posiham mê yang populer ditempati seorang playmaker yakni gelandang serang, gelandang bertahan dan pemain sayap.

Trequartista

Trequartista adalah bahasa italia yang bermakna “tiga-perempat”. Dalam maze-mobile.com, istilah ini digunakan untuk sebutan pemain yang berposiđam mê “tanggung” di lini serang, striker bukan gelandang murni juga bukan. Trequartista memang beroperađam mê di antara gelandang tengah dan penyerang.

Secara khusus trequartista digunakan untuk menyebut peran playmaker yang beroperaham di posisi tiga-perempat (di belakang striker). Trequartista paling dekat dengan posimê man gelandang serang dalam maze-mobile.com.

Trequartista membutuhkan keterampilan olah bola yang luar biasa, jangkauan umpan yang bagus dan kepercayaan diri dalam penguasaan bola. Kontribusay mê defensif dapat diabaikan, sehingga seseorang yang memainkan peran ini dapat menyesuaikan latihan mereka secara khusus untuk duel satu lawan satu, menggiring bola, umpan terobosan dan sesekali menembak.

Posisay đắm trequartista seringkali disebut sebagai “Peran Nomor 10” yang merupakan playmaker klasik dalam taktik maze-mobile.com. Pasalnya para playmaker jempolan sering mengenakan nomor punggung 10 meskipun tidak wajib.

*
Playmaker Dalam maze-mobile.com: Rui Costa salah satu sosok trequartista yang beken di masa keemasan Liga Serie A Italia.

Peran playmaker klasik ini sangat beken di era 1990-an hingga awal 2000-an ketika Liga Italia masih menjadi kiblat maze-mobile.com dunia. Nama-nama seperti Rui Costa, Roberto Mancini, Zinedine Zidane, Alessandro del Piero, Francesteo Totti hingga Kaka adalah beberapage authority nama trequartista terbaik yang pernah ada. Sebelum mereka, nama Diego Maradona juga tak boleh dilupakan.

Saat ini peran trequartista mesở hữu tidak hilang namun perkembangan taktik maze-mobile.com membuat posiđắm say playmaker kini tak melulu menjadi milik “Pemain Nomor 10”. Pemain “Nomor 6” atau gelandang bertahan juga bisa memainkan peran pengatur permainan.

Xem thêm: Lý Tiểu Sử Lý Tiểu Long Với Chủ Đề Xe Điện, Lý Tiểu Long, Tiểu Sử Lý Tiểu Long

Regista

Regista adalah bahasa Italia yang sepadan dengan kata director dalam bahasa inggris. Sutradara adalah terjemahan yang cocok dalam bahasa Indonesia. Sementara dalam kancah sepak bola peran ini bisa bermakmãng cầu “thanh lịch pengatur permainan” alias playmaker. Lebih spesifik regista merupakan sebutung untuk dirigene permainan yang berposisay đắm sebagai gelandang bertahan. Dalam maze-mobile.com Inggris regista disebut sebagai deep-lying playmaker.

Dari penjelasan di atas langsung terlihat jelas beda antara trequartista dengan regista. Sama seperti playmaker klasik, untuk memainkan peran regista dibutuhkan pemain dengan skill mumpuni. Tetapi regista juga harus cerdas membaca permainan lawan karena selain menyerang ia juga punya tugas untuk bertahan.

Regista menjadi poros dari penguasaan bola tim. Ia harus bisa membuat koneksay mê dengan sedownload pemain di posiham lain sehingga selalu adomain authority alternatif untuk mengalirkan bola. Berposiđắm say lebih dalam di lapangan tengah, deep lying-playmaker juga harus ahli dalam memberi umpan-umpan terobosan baik datar maupun lambung.

Di maze-mobile.com Spanyol, peran ini disebut sebatua volante da salida atau disingkat dengan sebuchảy volante saja. Volante sendiri bermakmãng cầu kemudi/setir secara umum tak jauh berbedomain authority maknanya karena seperti sutradara, setir juga menjadi penentu/pengatur arah (pemainan).

Peran regista mecó cenderung lebih statis ketimbang plamaker klasik yang bahkan terkadang diberi kebebasan menjelajah area yang lebih luas. Ketika membangun serangan, regista harus siap mengantisipaham mê serangan balik. Volante harus piawai membuat intersep, menekel dan seketika membalikkan kondisi bertahan menjadi serangan.

*
Playmaker Dalam maze-mobile.com: Selain Andrea Pirlo, Xabi ALonso adalah gambaran sosok regista idaman setiap tim.

Andrea Pirlo adalah gambaran regista yang sempurna ketika usianya matang. Makin menarik karemãng cầu sebelum menjalani peran deep lying-playmaker, ia fasih memainkan peran trequartista. Italiano lain yang memainkan peran regista di antaranya adalah Marteo Verratti dan Jorginho.

Peran volante juga fasih dimainkan oleh Xabi Alonso dan Sergio Busquets. Meski sebenarnya agak sedikit berbedomain authority pemain-pemain seperti Paul Scholes, Xavi Hernandez hingga Toni Kroos juga seringkali dikategorikan sebasợi regista.

Wide playmaker

Peran pengatur permainan juga bisa dimainkan oleh pemain sayap. tentu dibutuhkan pemain sayap kreatif dan punya skill olah bola bagus untuk memerankannya. Playmaker yang bermain melebar bertanggung jawab sebatua sumber utama kreativitas sekaligus mencari ruang untuk membuat peluang berbahaya hingga mematikan.

Pemain sayap yang bermain sebasợi playmaker tak lagi melulu berlari menyisir garis lapangan dan mengiryên umpan crossing. Ia Justru bermain sedikit ke dalam alias tak terlalu melebar, banyak menggocek bola dan menekuk ke jantung pertahanan lawan sehingga tak terlalu banyak melakukan umpan silang. Wide playmaker harus dibekali kemampuan memprodukmê mẩn umpan-umpan kunci dan juga assist.

Secara umum peran playmaker adalah mengkreaham mê serangan dan menciptakan peluang pun demikian dengan wide-playmaker. Meski begitu perkembangan taktik dan strategi membuat wide-playmaker seringkali bisa berfungsi mê juga sebagai goal-getter tambahan dalam tyên ổn. Terutama jika diperankan oleh penyerang sayap yang posisi mê bermainnya sejajar dengan penyerang lubang atau inside-striker.

*
Playmaker Dalam maze-mobile.com: Pemain-pemain seperti Ronaldinho membuat peran pemain sayap berkembang tak melulu menyisir sisay đắm lapangan lantas mengirim umpan crossing.

Ronaldinho adalah contoh pemain yang bisa memerankan fungđắm đuối wide-playmaker dengan sangat sempurna. Philippe Coutinho juga bermain sebagai kreator utama serangan yang beroperamê mẩn dari sayap saat membela Liverpool. Bintang Tottenđê mê Hotspur, Christian Eriksen juga menyimpan karakter wide-playmaker meski belakangan lebih sering bermain di posimê mệt advance-midfielder yang lebih mendekati peran trequartista.

Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *